Ilmu Ikhlas

Masih Dalam rangka Memaknai PERSAUDARAAN :
Persaudaraanbisa menjadi salah artinya,atau sebaliknya Persaudaraan bisa menjadikankehidupan yang bahagia lahir dan bathin.Saling menghamat hamati,salingmengingatkan,saling "tepo sliro",yang muda menghormati yang tua,danyang tua menyanyangi yang muda.
PERSAUDARAAN yang luas,Kuat,dan taklapuk oleh waktu,kokoh tak mudah hancur oleh fitnah,bahkan tak terbuaioleh kebaikan yang berlebihan.Karena kebaikan yang berlebihan ujungujungnya mengarah pada Pamrih.
Penulis mencoba menuangkan sebuahpemikiran yang masih sangat dangkal,oleh karena itu mohon pencerahannyakepada para sesepuh SH,dan kadhang SH.
Ilmu iklhas itu jika di umpamakan seperti (maaf)kita mau buang hajat besar :

NGEBET
Jikakita ingin buang hajat ,pastinya susah untuk di tunda,begitu jugaketika kita berbuat baik dengan iklas juga harus selalu ngebet inginberbuat baik.

SEMBUNYI
Jikakita buang hajat besar pasti tidak ingin diketahui orang lain,begitujuga ketika kita berbuat baik dengan ikhlas juga harus tidak di tunjuktunjukkan ,bahkan orang lain jangan sampai ada yang tahu.

TIDAK PAMRIH
Jika kita buang hajat besar pasti tidak akan mengharapkan imbal balik, agar apa yang sudah kita berikan tidak mengharap imbalan.

PLONG
Jikakita buang hajat besar,pastinya akan merasa plong ,begitu juga denganberbuat baik,dengan ikhlas pasti kita juga akan merasa plong.

Begitulah gambaran tentang ilmu iklhas...mohon pencerahan dari para sesepuh dan kadhang SH. suwun ..